Komunikasi
2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan
dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak
bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan
tujuan.
Dikuitip dari wikipedia,
interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human-computer interaction,
HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer
yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna
komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara
yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi
manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan
yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya
saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk
memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan
manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
dalam interaksi manusia dengan komputer
terdapat beberapa panca indera digunakan untuk dapat berinteraksi : Manusia
mewujudkan fisiologi yang diperlukan untuk menyerap informasi dalam
bentuk suara. Sama seperti mata dapat melihat berbagai variasi cahaya -
rona, briteness, kontras - telinga mampu penginderaan array yang
luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran
kemudian dapat mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek,
atau gagasan abstrak. Paling sering,
suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini akan
terus di Internet. Audio konten juga umumnya dihasilkan
oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini juga akan terus di
Internet.
Contoh:
Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG) berbunyi 'bip' dalam irama ke
jantung; pager alert wanita di sebuah sudut jalan, telegraf memancarkan klik
merata-spasi dalam kode Morse. Semua ini adalah contoh
menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah mesin dalam rangka
berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi bentuk komunikasi
dominan, suara memainkan peran penting dalam hidup kita.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
- Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
- Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
- Metode implementasi antarmuka.
- Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
- Pengembangan antarmuka baru.
- Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Media antarmuka manusia dan komputer
- Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
- Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain)
Tujuan
Interaksi manusia dan komputer pada
dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah
sistem komputer. Artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik bisa
untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility),
ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)
Dengan kata lain, bertujuan untuk
membangun produk reliable;
- mudah dipelajari
- berkesan jika digunakan
- menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable)
- aman (safe),dan
- memberi kepuasan serta pengalaman yang
menyenangkan
Para perancang antarmuka manusia dan komputer
berharap agar sistem komputer yang dirancang dapat mempunyai sifat yang akrab
dan ramah dengan users. Namun untuk merancang sistem yang mudah digunakan
users, para perancang harus memahami aspek-aspek psikologi yang dimiliki oleh
users, karena setiap users mempunyai ciri-ciri khusus dan kebiasaan yang
berbeda dalam menggunakan sebuah sistem komputer
Manusia, Komputer dan Interaksi
Manusia
Manusia memiliki keterbatasan dalam
memproses informasi dan hal ini mempunyai implikasi pada desain.
1.
Informasi diterima dan direspon melalui sejumlah saluran input dan output
- Saluran Visual (visual channel)
- Saluran Pendengaran (auditory channel)
- Saluran Peraba (haptic channel)
- Pergerakan (movement)
2.
Informasi disimpan pada memory
- Memory Sensor
- Memory Jangka Pendek
- Memory Jangka Panjang
3.
Informasi diproses dan diaplikasikan
- Penalaran
- Pemecahan masalah
- Skill acquisition
- Kesalahan
Komputer
Sistem komputer terdiri dari berbagai
macam elemen, yang masing-masing memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan
input untuk penggunaan secara interaktif memungkinkan user untuk memasukkan
teks, menggambar, dan memilih obyek pada layar.
- Text entry : keyboard, speech,
handwriting.
- Pointing : secara umum adalah
mouse.
Peralatan output untuk penggunaan secara
interaktif secara umum adalah beberapa jenis layar serta output dengan suara.
Output dan input dalam bentuk kertas :
paperless office dan less-paperless office.
Memory
- Memory jangka pendek : RAM
- Memory jangka panjang : magnetic dan optical disk
- Keterbatasan kapasitas penyimpanan dokumen dan
video
- Metode akses yang membatasi dan membantu user
Proses
- Effek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat
- Keterbatasan kecepatan pemrosesan
- Jaringan dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem
Interaksi
Model interaksi membantu kita untuk
memahami apa yang terjadi pada interaksi antar user dan sistem. Model
mengakomodasi apa yang diinginkan user dan yang dilakukan sistem.
Ergonomi mencakup karakter fisik interaksi
dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi efektifitas.
Dialog antar user dan sistem dipengaruhi
oleh gaya interaksi.
Interaksi terjadi pada konteks sosial dan
organisasi mempengaruhi user dan sistem.
Jadi menurut saya Interaksi manusia dan
komputer adalah Hubungan yang dilakukan oleh manusia dengan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah dan nyaman digunakan oleh manusia. Karena bahasa manusia dan bahasa komputer berbeda maka manusia sering menggunakan media antarmuka manusia dan komputer seperti Pascal, bahasa C, dll. Interaksi juga terjadi saat kita menggunakan keyboard, mouse dan perangkat lainnya yang bertujuan untuk mempermudah hubungan antara manusia dan komputer.
Sumber :
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar